Tuesday, November 10, 2015

Contoh alat musik ritmis beserta namanya

Pengertian alat musik ritmis adalah jenis alat musik pengiring lagu yang tidak memiliki tangga nada, cara memainkannya ada yang di pukul dan ada yang di goyang. Pada alat musik ritmis ini yang di utamakan adalah ketepatan irama serta keteraturan ketukan sehingga menghasilkan nada yang indah. Beberapa alat musik ritmis sudah menjadi bagian alat musik modern seperti drum elektrik. Di Indonesia sendiri ada cukup banyak contoh alat musik ritmis yang berasal dari berbagai daerah di nusantara. Berikut beberapa contoh di antaranya:

1. Rebana

Merupakan alat musik ritmis yang di mainkan dengan cara di pukul, bentuknya bulat dan biasanya di mainkan untuk mengiringi musik-musik islami.

2. Tamborin


Tamborin alat musik ritmis yang biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu dengan irama riang. Alat musik ini di buat dari kulit yang bisa di pukul, serta pada bagian sisinya dilingkari atau di ikat dengan logam yang mengelilingi bagian sisi. Ketika di goyangkan maka akan menimbulkan bunyi pada logam tersebut.

3. Drum

Tentu Anda tidak akan asing lagi dengan alat musik yang satu ini, karena keberadaanya sampai sekarang tetap eksis. Alat musik ritmis yang di mainkan dengan cara di pukul ini terbuat dari berbagai bahan material seperti plastik, kulit dan lain-lain. Drum di pukul dengan stick drum yang dimainkan oleh seorang drummer, beberapa merk terkenal drum contohnya Yamaha.

4. Kendang

Alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat ini merupakan alat musik pukul, biasanya yang memainkannya di sebut tukang kendang yang memukulnya dengan telapak tangan dan telapak kaki.
 Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih.

5.Timpani

Alat musik ritmis Timpani merupakan alat musik yang di pukul dengan Stik atau mallet timpani yang berbahan dasar kayu berdiameter kurang-lebih 2 cm. ujungnya berbalut bola kapas yang biasanya terbuat dari bulu biri-biri Eropa yang sangat lembut. Tabung timpani yang berbentuk seperti mangkuk itu biasanya terbuat dari bahan kuningan atau fiber. Timpani biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja.


Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit